Hutang Pangulu nan Ampek di Minangkabau

Pangulu atau dikenal juga dengan istilah penghulu/niniak mamak di Minangkabau bukan seperti penghulu yang dikenal di daerah lan Indonesia. ...

Pangulu atau dikenal juga dengan istilah penghulu/niniak mamak di Minangkabau bukan seperti penghulu yang dikenal di daerah lan Indonesia. Penghulu biasanya dikenal sebagai orang yang menikahkan. Sementara penghulu (berikutnya digunakan istilah pangulu) adalah jabatan sebagai pemangku adat yang menaungi dan membimbing kemenakan.
fungsi dan peran niniak mamak di minangkabau



Dalam menjalankan tugasnya, Pangulu memiliki tugas utama. Tugas tugas pangulu ini yang dikenal sebagai hutang pangulu nan ampek di Minangkabau.

Manuruik Alua Nan Luruih

Tugas Pangulu /niniak mamak adalah melakukan tugasnya sebagai pemimpin harus sesuai dengan kebenaran yang ada. Alua (kayu yang digunakan unuk menumbuk padi) menisyaratkan bahwasanya niniak mamak harus berada di jalan dan alur yang lurus. Ini diwasiatkan dalam adat Minangkabau melalui petuah.
Luruih Manahan tiliak, balabeh Manahan cubo
Bantuak dimakan siku-siku, ameh batua Manahan uji
Taraju nan indak bapaliang, hukum adia Manahan bandiang.
Setiap perbuatan dan perkataan niniak mamak yang memiliki peran sebagai pemimpin harus berada di jalan yang benar. Termasuk dalam berperilaku, dengan perilaku yang benar diharapkan bisa menjadi teladan bagi yang dipimpinnya. Di samping itu dengan berada selalu dalam alur yang benar ini akan meningkatkan rasa hormat oang orang pada niniak mamak itu sendiri.

Semisal tejadi sebuah masalah sengketa antara yang dipimpinnya. Hanya keadilan jalan untuk menyelesaikan. Niniak mamak tidak boleh berlaku tidak adil. Ini diwajibkan berdasarkan petuah:
Baruak dirimbo disusukan, anak dipangku dicampakkan
Kato bana dianjak tidak, luruih bana dipegang sungguah
Manyawuak diilia-ilia, bakato dibawah-bawah.
Kok dianjak urang batu supadan
Di ubah urang kato pusako
Di aliah urang kato nan bana
Busuangkan dado ang buyuang, jan cameh darah taserak
Basilang tombak dalam parang, sabalun aja bapantang mati
Nan bana dirubah tidak
Baribu sabab mandating, namun mati hanyo sakali.

Manampuah Jalan Nan Pasah

Menempuh jalan yang telah biasa dilewati atau manampuah jalan nan pasah. Hutang atau tugas niniak mamak disini adalah seorang niniak mamak harus mengikuti ketetapan yang telah ditetapkan adat dan agama.

Jalan jalan tersebut dikelompokkan menjadi dua. Jalan nan pasah di dunia meiputi : ba adaik, ba limbago, bacupak , bagantang. Sementara jalan nan pasah di akhirat meliputi iman, islam tauhid dan makrifat.

Mamaliharo Harato Pusako

Hutang atau tugas niniak mamak yang ketiga ini adalah untuk memilihara harta pusaka warisan kaum. Ini demi menjaga kekuatan ekonomi kemenakan untuk generasi berikutnya.

Harta pusaka ini ibarat sebuah wilayah kekuasaan. Bilamana telah habis, mka sirna sudah arti niniak mamak bagi kaumnya karena dianggap tidak bisa menjaga harta pusaka dan kelangsungan hidup kaumnya. Mengenai hal ini didasarkan pada kata kata adat :
Sawah nan bapiriang, ladang nan babidang
Banda nan baliku, padang nan babateh
Kaateh tatambun jantan, kabawah takasiak bulan
Niniak mamak punyo ulayat.
Kok sumbiang ditiliak, kok kurang batukuak
Runtuah banaikkan, rusak di pabaiki
Jua indak dimakan bali, sando indak dimakan gadai
Manah jan hilang, suku jan baranjak, bangso jan putuih,
Jan harato tajua tagadaikan, rusak adat karanonyo

Mamaliharo Anak Kamanakan

Peran seoran lelaki dewasa di Minangkabau adalah ganda. Bagaimana membesarkan anak dan selalu memelihara dan mengawasi kemenakan dan kaumnya. Peran ini dijelaskan dalam sebuah ungkapan adat :
Kaluak paku kacang balimbiang
Tampuruang lenggang lengokkan
Baok manurun kasaruaso
Tanamlah siriah jo ureknyo
Anak dipangku kamanakan dibimbiang
Urang kampuang di patenggangkan
Tenggang nagari jan binaso
Tenggang sarato jo adatnyo
Hanyuik bapinteh hilang bacari
Tarapuang bakaik tabanam basalami
Usua dipamain, cabuah di buang
Siang bacaliak-caliak malam didanga-dangakan
Kamanakan disambah bathin, mamak disambah lahia
Lupo baingekkan, takalok bajagokan
Senteang babilai, kurang batukuak
Panjang bakarek, singkek bauleh
Jauh di kabari, dakek diulangi
Demikian tugas pokok seorang niniak mamak atau pangulu di Minangkabau. Saking pentingnya tugas ini, makanya ini disebut sebagai hutang yang harus di bayar.

Agiah Komen Gai La Sanak

div id="edb947f2bbceb132245fdde9c59d3f59">
Nama

Adaik,40,bahasa minang,8,Budaya,80,Carito,14,Dibao Galak,10,info,3,istilah,15,Pantun,12,Papatah,10,Resep Minang,10,Sajarah,37,Tokoh,13,Warisan,29,
ltr
item
Minangkabau: Hutang Pangulu nan Ampek di Minangkabau
Hutang Pangulu nan Ampek di Minangkabau
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgE-BKAEYtr_gCcYSU-0t-MXlpphGq9f6bdD7U4ij80RYqd379gz4bgE31kH4m98dC7ESshhxJnZzWKy6dzwWHEiafU_78_vmenOS4wuF63IbAIdhci0_3okx7m6dIw_Q11U-bVFrpEaZHc/s1600/fungsi+dan+peran+niniak+mamak+di+minangkabau.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgE-BKAEYtr_gCcYSU-0t-MXlpphGq9f6bdD7U4ij80RYqd379gz4bgE31kH4m98dC7ESshhxJnZzWKy6dzwWHEiafU_78_vmenOS4wuF63IbAIdhci0_3okx7m6dIw_Q11U-bVFrpEaZHc/s72-c/fungsi+dan+peran+niniak+mamak+di+minangkabau.jpg
Minangkabau
http://amboanakminang.blogspot.com/2016/10/hutang-pangulu-nan-ampek-di-minangkabau.html
http://amboanakminang.blogspot.com/
http://amboanakminang.blogspot.com/
http://amboanakminang.blogspot.com/2016/10/hutang-pangulu-nan-ampek-di-minangkabau.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy